INDIKATOR-INDIKATOR CAPAIAN PS S1 KESEHATAN MASYARAKAT FKM USU |
||||||||||||||||
RENSTRA 2020-2024 |
||||||||||||||||
Sasaran |
Strategi |
Kegiatan |
Indikator |
Baseline |
2020 |
2021 |
2022 |
2023 |
2024 |
|||||||
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
2019 |
||||||||||||
1. Terbangunnya komitmen yang kuat untuk mewujudkan visi |
Meningkatkan persentase pemahaman visi pada pemangku kepentingan |
Melakukan survei pemahaman terhadap visi pada pemangku kepentingan |
1. |
Persentase pemahaman pemangku kepentingan terhadap visi Fakultas Kesehatan Masyarakat USU |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
100% |
||||||
Menguatkan visi dan komitmen |
Mencapai akreditasi tertinggi semua program studi |
2. |
Persentase program studi terakreditasi unggul (A) |
67% |
67% |
67% |
67% |
100% |
100% |
|||||||
Meningkatkan kapasitas program studi sesuai dengan standar mutu internasional |
3 |
Persentase program studi terakreditasi internasional |
0% |
0% |
0% |
33% |
33% |
33% |
||||||||
2. Terbangunnya sistem tata kelola Good University Governance (GUG) yang berkesinambungan |
Meningkatkan persentase efisiensi perencanaan anggaran |
- Musrenbang tingkat Fakultas - Penyusunan RKA - Revisi RKA - Penyusunan SAKIP |
4. |
Persentase efisiensi perencanaan penganggaran |
87% |
87% |
87% |
89% |
89% |
91% |
||||||
Membangun tata kelola keuangan |
Membangun sistem kinerja fakultas dan evaluasi kinerja secara berkala |
5. |
Opini penilaian laporan keuangan |
WTP |
WTP |
WTP |
WTP |
WTP |
WTP |
|||||||
3.Terselenggaranya penelitian dan penulisan hasil kerja sama internasional serta pemerolehan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) |
Meningkatkan jumlah penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa |
- Dosen melibatkan mahasiswa dalam penelitian - Sosialisasi penelitian payung - Memfasilitasi dosen dalam penyusunan proposal penelitian |
6. |
Persentase penelitian melibatkan mahasiswa |
66% |
80% |
100% |
100% |
100% |
100% |
||||||
Membangun Jurnal Nasional |
- Pembentukan dewan redaksi Jurnal FKM - Menerbitkan jurnal berskala nasional |
7. |
Jumlah jurnal bereputasi terakreditasi nasional (SINTA) |
0 |
0 |
0 |
0 |
1 |
1 |
|||||||
Meningkatkan jumlah mahasiswa yang terlibat dalam penelitian dosen |
Workshop kemitraan penelitian dosen dan mahasiswa |
8. |
Jumlah mahasiswa yang terlibat dalam penelitian dosen |
78 |
78 |
80 |
85 |
90 |
120 |
|||||||
Meningkatkan jumlah publikasi internasional |
-Workshop penulisan artikel ilmiah pada jurnal internasional -Workshop optimalisasi penggunaan Ms Word, Mendeley, Turnitin -Workshop analisis data penelitian (Kobotoolbox, DLL) |
9. |
Jumlah publikasi internasional |
45 |
50 |
55 |
60 |
65 |
70 |
|||||||
Meningkatkan jumlah sitasi karya ilmiah internasional |
Sosialisasi kepada mahasiswa cara menyitasi artikel ilmiah. |
10. |
Jumlah sitasi karya ilmiah internasional |
162 |
195 |
243 |
320 |
400 |
486 |
|||||||
Meningkatkan Jumlah kekayaan intelektual yang didaftarkan |
Workshop penyusunan HAKI dan PATEN |
11. |
Jumlah kekayaan intelektual yang didaftarkan |
3 |
4 |
4 |
4 |
4 |
5 |
|||||||
Meningkatkan Jumlah kekayaan intelektual yang diberikan (granted) |
Workshop penyusunan HAKI dan PATEN dengan peluang grant |
12. |
Jumlah kekayaan intelektual yang diberikan (granted) |
0 |
0 |
0 |
1 |
1 |
2 |
|||||||
Meningkatkan jumlah produk inovasi yang dimanfaatkan |
Workshop rancangan produk inovasi |
13. |
Jumlah produk inovasi yang dimanfaatkan masyarakat/industri |
0 |
0 |
0 |
0 |
1 |
2 |
|||||||
Meningkatkan jumlah riset melibatkan peneliti PT Luar Negeri |
Workshop kolaborasi penelitian internasional |
14. |
Jumlah judul riset melibatkan peneliti PT Luar Negeri per tahun |
0 |
0 |
0 |
1 |
1 |
2 |
|||||||
Meningkatkan inovasi dan kreativitas |
Meningkatkan kerjasama dengan ABG&C |
15. |
Jumlah implementasi kerja sama melibatkan ABG&C |
16 |
16 |
20 |
25 |
30 |
35 |
|||||||
Meningkatkan jumlah dosen pemakalah konferensi internasional |
Memfasilitasi dosen menjadi pemakalah konferensi internasional |
16. |
Persentase dosen pemakalah konferensi internasional |
69% |
70% |
70% |
70% |
75% |
80% |
|||||||
4.Terlaksananya sistem pembelajaran berkelas dunia yang berakar pada keunggulan lokal yang semakin baik |
Mengembangkan pembelajaran bertaraf internasional |
Menginisiasi program studi internasional ((joint degree, double degree, credit transfer) |
17. |
Jumlah program studi yang memiliki program internasional (joint degree, double degree, credit transfer) |
0 |
0 |
0 |
1 |
1 |
1 |
||||||
Meningkatkan sistem Monev PBM |
- EDOM - Evaluasi PBM - Revisi RPS |
18. |
Persentase mata kuliah yang mengintegrasikan hasil penelitian |
10% |
12% |
15% |
20% |
25% |
30% |
|||||||
Meningkatkan persentase mata kuliah yang mengintegrasikan hasil pengabdian kepada masyarakat |
- EDOM - Evaluasi PBM - Revisi RPS |
19. |
Persentase mata kuliah yang mengintegrasikan hasil pengabdian kepada masyarakat |
10% |
12% |
15% |
20% |
25% |
30% |
|||||||
Meningkatkan jumlah matakuliah dengan pemanfaatan daring |
- Workshop pembelajaran secara daring - Workshop optimalisasi penggunaan e-learning |
20. |
Persentase mata kuliah yang memanfaatkan virtual classroom |
5% |
10% |
15% |
20% |
25% |
30% |
|||||||
Meningkatkan persentase mata kuliah dengan pemanfaatan e-learning |
- Sosialisasi penggunaan e- learning ke dosen dan mahasiswa - Workshop optimalisasi penggunaan e-arning |
21. |
Persentase mata kuliah dengan dukungan e-learn ing |
5% |
10% |
20% |
30% |
40% |
50% |
|||||||
5.Terciptanya keunggulan kompetitif berbasis TALENTA yang berstandard internasional |
Mengedepankan keunggulan akademik TALENTA |
Meningkatkan kemitraan strategis di bidang TALENTA |
22. |
Jumlah perolehan dana kerjasama nasional dalam miliar rupiah |
5% |
10% |
20% |
30% |
40% |
50% |
||||||
Mengedepankan keunggulan akademik TALENTA |
Membuat situs web program studi berorientasi internasional |
23. |
Persentase situs web program studi berorientasi internasional, terpelihara dan memiliki news letter |
0,6 |
1,1 |
1,5 |
1,7 |
1,8 |
2,0 |
|||||||
Meningkatkan judul publikasi internasional buku/ book chapter |
Memfasilitasi kegiatan workshop penulisan buku untuk publikasi internasional |
24. |
Jumlah judul publikasi internasional buku/ book chapter |
0 |
0 |
0 |
1 |
1 |
1 |
|||||||
Meningkatkan jumlah peserta international summer course |
Memberikan insentif dosen dalam kegiatan summer course |
25. |
Jumlah peserta internasional summer course |
0 |
0 |
0 |
1 |
1 |
1 |
|||||||
Mempromosikan jalur riset program doktor |
Sosialisasi jalur riset program doktor |
26. |
Jumlah mahasiswa asing |
0 |
0 |
0 |
1 |
2 |
3 |
|||||||
Mempromosikan jalur riset program doktor |
Sosialisasi jalur riset program doktor |
27. |
Jumlah program studi memiliki mahasiswa asing |
0 |
0 |
0 |
1 |
1 |
1 |
|||||||
6.Terselenggaranya pengelolaan berbasis sistem Informasi dan teknologi informasi yang semakin baik dan terintegrasi |
Meningkatkan kelengkapan data Kemdikbud dan Kemristek/BRIN (Sister, PD-DIKTI, SINTA, dll) |
Workshop sistem informasi bagi tenaga kependidikan |
28. |
Persentase kelengkapan data Kemdikbud dan Kemristek/BRIN (Sister, PD-DIKTI, SINTA, dll) |
65% |
70% |
75% |
80% |
85% |
90% |
||||||
Meningkatkan Persentase layanan berbasis online |
29. |
Persentase layanan berbasis online |
40% |
50% |
60% |
70% |
80% |
90% |
||||||||
7.Terciptanya kampus hijau yang aman, nyaman, dan sehat sebagai rumah akademik |
Meningkatkan Kuantitas dan kualitas sarana prasarana |
- Penambahan ruang dosen - Pemeliharaan prasarana. - Pengadaan mobiler dan elektronik - Pengadaan sarana dan prasarana untuk mahasiswa difabel |
30. |
Persentase dosen dengan ruang kerja sendiri |
50% |
60% |
70% |
80% |
90% |
100% |
||||||
Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana |
Mengembangkan laboratorium berstandar internasional |
31. |
Jumlah laboratorium berstandar internasional |
0 |
0 |
0 |
0 |
0 |
1 |
|||||||
Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana |
Meningkatkan peringkat green campus |
32. |
Peringkat internasional kampus hijau |
N/A |
13 |
12 |
11 |
10 |
9 |
|||||||
Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana |
Evaluasi penilaian sarana prasarana |
33. |
Indeks kepuasan pelayanan |
50% |
75% |
95% |
95% |
95% |
95% |
|||||||
8.Terinternalisasinya karakter BINTANG pada seluruh civitas academica dan tenaga kependidikan |
Menciptakan suasana akademik yang kondusif |
Menerapkan tata nilai BINTANG |
34. |
Persentase civitas akademika dan Tendik yang mengimplementasikan tata nilai BINTANG |
N/A |
80% |
85% |
85% |
90% |
95% |
||||||
35. |
Jumlah program studi S1 mengintegrasikan tata nilai BINTANG |
1 |
1 |
1 |
2 |
2 |
2 |
|||||||||
- Melaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan pengembangan, monitoring, evaluasi, dan revisi kurikulum sesuai dengan kurikulum nasional dan internasional |
36. |
Persentase kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan Revolusi Industri 4.0 |
2% |
2% |
2% |
3% |
3% |
4% |
||||||||
37. |
Persentase Matakuliah lintas disiplin (kampus merdeka) |
1% |
1% |
1% |
3% |
4% |
5% |
|||||||||
Meningkatkan persentase penelitian yang hasilnya diintegrasikan ke dalam bahan ajar |
- Merevisi RPS dan SAP dengan menambahka sub pokok bahasan penelitian dosen |
38. |
Persentase penelitian yang hasilnya diintegrasikan ke dalam bahan ajar |
5% |
10% |
15% |
20% |
25% |
30% |
|||||||
Meningkatkan persentase PkM yang hasilnya diintegrasikan ke dalam bahan ajar |
- Merevisi RPS dan SAP dengan menambahka sub pokok bahasan pengabdian dosen |
39. |
Persentase PkM yang hasilnya diintegrasikan ke dalam bahan ajar |
5% |
10% |
15% |
20% |
25% |
30% |
|||||||
9.Terinternalisasinya budaya empati dan pengabdian kepada masyarakat |
- Meningkatkan jumlah kerjasama dengan intansi pemerintahan - Membangun desa binaan |
- Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah - Menambah jumlah MoA desa binaan |
40. |
Jumlah lokasi sasaran PkM (desa/kota/ kabupaten binaan dan kawasan mitra) |
0 |
1 |
1 |
1 |
2 |
2 |
||||||
Meningkatkan persentase PkM dosen berskala nasional |
Menyelenggarakan workshop penyusunan proposal PkM nasional |
41. |
Persentase dosen terlibat PkM nasional |
3% |
5% |
8% |
10% |
12% |
16 % |
|||||||
Meningkatkan persentase mahasiswa terlibat PkM Nasional |
Menyelenggarakan workshop penyusunan proposal PkM nasional |
42. |
Persentase mahasiswa terlibat PkM nasional |
13 |
5 |
10 |
15 |
18 |
20 |
|||||||
10. Terciptanya civitas akademika dan tenaga kependidikan yang mampu bersaing dalam tataran global |
Meningkatkan jumlah dosen dengan kualifikasi Doktor |
- Meningkatkan kemampuan berbahasa asing. - Sosialisasi road to Doctor of Public Health. - Menyelenggarakan workshop penulisan proposal disertasi. |
43. |
Persentase dosen berkualifikasi Doktor |
42% |
42% |
56% |
56% |
60% |
70% |
||||||
Meningkatkan persentase dosen dengan kualifikasi Profesor |
Workshop penulisan artikel ilmiah untuk dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi. |
44. |
Persentase dosen dengan jabatan guru besar |
8% |
9% |
10% |
12% |
13% |
15% |
|||||||
Meningkatkan persentase dosen dengan jabatan lektor kepala |
Workshop penulisan artikel ilmiah untuk dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi. |
45. |
Persentase dosen dengan jabatan lektor kepala |
47% |
48% |
50% |
50% |
55% |
60% |
|||||||
Meningkatkan jumlah dosen dengan sertifikat keahlian bertaraf internasional |
Mengikut sertakan dosen dalam kursus dengan sertifikat internasional |
46. |
Jumlah dosen bersertifikat keahlian bertaraf internasional |
0 |
0 |
0 |
1 |
2 |
2 |
|||||||
Meningkatkan jumlah dosen dengan kegiatan mobilitas internasional |
Memberikan bantuan dana bagi dosen |
47. |
Persentase dosen mengikuti kegiatan mobilitas internasional |
10% |
0 |
10% |
10% |
15% |
20% |
|||||||
Meningkatkan jumlah Tendik bersertifikat keahlian |
Mengikutsertakan tendik dalam workshop terkait dengan kompetensi Tendik |
48. |
Persentase Tendik bersertifikat keahlian |
3% |
5% |
6% |
10% |
12% |
15% |
|||||||
Meningkatkan jumlah Tendik fungsional mengikuti magang |
Mengikutsertakan tendik dalam workshop terkait dengan kompetensi tendik |
49. |
Persentase Tendik fungsional mengikuti magang/pelatihan (kumulatif) |
10% |
12% |
15% |
17% |
19% |
25% |
|||||||
Meningkatkan jumlah Tendik fungsional mengikuti magang |
Mengikutsertakan tendik dalam workshop terkait dengan kompetensi Tendik |
50. |
Jumlah Tendik mengikuti kegiatan magang/ pelatihan (kumulatif) |
3 orang |
5 orang |
7 orang |
9 orang |
10 orang |
15 orang |
|||||||
Meningkatkan jumlah dosen |
Pengajuan penambahan dosen Merekrut mahasiswa baru sesuai dengan jumlah dosen |
51. |
Rasio dosen terhadap mahasiswa S1 |
1:26 |
1:26 |
1:25 |
1:25 |
1:24 |
1:24 |
|||||||
Rasio dosen terhadap mahasiswa S2 |
1:14 |
1:14 |
1:14 |
1:14 |
1:14 |
1:14 |
||||||||||
Rasio dosen terhadap mahasiswa S3 |
1:5 |
1:5 |
1:5 |
1:5 |
1:5 |
1:5 |
||||||||||
Meningkatkan jumlah tendik |
Pengajuan penambahan tendik |
52. |
Rasio dosen terhadap Tendik |
2,5:1 |
2:1 |
2:1 |
2:1 |
2:1 |
1,5:1 |
|||||||
Menambah dosen asing |
Pengajuan dosen asing melalui MoA |
53. |
Jumlah dosen asing |
1 |
1 |
1 |
2 |
3 |
4 |
|||||||
Meningkatkan jumlah Tendik Fungsional |
Menfasilitasi pelatihan tendik |
54. |
Persentase Tendik Fungsional/total Tendik |
3% |
5% |
6% |
10% |
12% |
15% |
|||||||
Meningkatkan kegiatan workshop terkait kompetensi lulusan |
- Memfasilitasi workshop terkait kompetensi lulusan - (penyusunan dokumen lingkungan, pembiayaan kesehatan, manajemen data, aplikasi GIS) - Membuat dokumen SKPI |
55. |
Persentase lulusan langsung bekerja dalam 6 bulan |
69,13% |
70% |
75% |
76% |
78% |
80% |
|||||||
Meningkatkan jumlah proposal yang lulus seleksi PKM |
Workshop penulisan proposal PKM |
56. |
Jumlah judul kegiatan mahasiswa dibiayai Kementerian |
0 |
1 |
2 |
2 |
2 |
3 |
|||||||
Meningkatkan jumlah peserta yang ikut kompetisi |
Memfasilitasi mahasiswa dalam mengikuti kompetisi di tingkat kementerian |
57. |
Jumlah kelompok kepesertaan kompetisi diselenggarakan Kementerian |
4 |
0 |
5 |
6 |
8 |
10 |
|||||||
Meningkatkan jumlah mahasiswa berwirausaha |
Workshop kewirausahaan |
58. |
Jumlah mahasiswa S1 berwirausaha |
N/A |
0 |
5 |
10 |
15 |
20 |
|||||||
Meningkatkan jumlah mahasiswa berwirausaha |
Workshop kewirausahaan |
59. |
Jumlah mahasiswa yang berhasil menjadi wirausaha |
N/A |
0 |
5 |
10 |
15 |
20 |
|||||||
Meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi di tingkat nasional |
Memfasilitasi mahasiswa dalam kompetisi tingkat nasional |
60. |
Jumlah prestasi mahasiswa tingkat nasional |
13 |
5 |
10 |
15 |
18 |
20 |
|||||||
Meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi di tingkat internasional |
Memfasilitasi mahasiswa dalam kompetisi tingkat internasional |
61. |
Jumlah prestasi mahasiswa tingkat internasional |
4 |
0 |
4 |
5 |
7 |
10 |
|||||||
Membuka peluang mahasiswa mengikuti program merdeka belajar |
- Sosialisasi program merdeka belajar - Memfasilitasi kegiatan merdeka belajar |
62. |
Jumlah mahasiswa yang mengikuti merdeka belajar |
0 |
0 |
5 |
10 |
15 |
20 |
|||||||
Membuka peluang mahasiswa mengikuti international student exchange outbound |
- Sosialisasi program international student exchange outbound - Merekrut mahasiswa mengikuti international student exchange outbound |
63. |
Jumlah peserta international student exchange outbound |
0 |
0 |
0 |
2 |
2 |
2 |
|||||||
Membuka peluang mahasiswa mengikuti international student exchange inbound |
- Sosialisasi program international student exchange inbound - Merekrut mahasiswa mengikuti international student exchange inbound |
64. |
Jumlah peserta international student exchange inbound |
0 |
0 |
0 |
2 |
2 |
2 |