Jl. Universitas No.32, Kampus USU, Medan (061)-123456 s1kesmas@usu.ac.id

Strategy and Goals

 

INDIKATOR-INDIKATOR CAPAIAN PS S1 KESEHATAN MASYARAKAT  FKM USU
RENSTRA 2020-2024

Sasaran

Strategi

Kegiatan

Indikator

Baseline

2020

2021

2022

2023

2024

(1)

(2)

(3)

(4)

2019

1. Terbangunnya komitmen yang kuat untuk mewujudkan visi

 Meningkatkan persentase pemahaman visi pada pemangku kepentingan

 Melakukan survei pemahaman terhadap visi pada pemangku kepentingan

1.

Persentase pemahaman pemangku kepentingan terhadap visi Fakultas Kesehatan Masyarakat USU

100%

100%

100%

100%

100%

100%

Menguatkan visi dan komitmen

Mencapai akreditasi tertinggi semua program studi

2.

Persentase program studi terakreditasi unggul (A)

67%

67%

67%

67%

100%

100%

Meningkatkan kapasitas program studi sesuai dengan standar mutu internasional

3

Persentase program studi terakreditasi internasional

0%

0%

0%

33%

33%

33%

2. Terbangunnya sistem tata kelola Good University Governance (GUG) yang berkesinambungan

Meningkatkan persentase efisiensi perencanaan anggaran 

-    Musrenbang tingkat Fakultas

-    Penyusunan RKA

-    Revisi RKA

-    Penyusunan SAKIP

4.

Persentase efisiensi perencanaan penganggaran

87%

87%

87%

89%

89%

91%

Membangun tata kelola keuangan

Membangun sistem kinerja fakultas dan evaluasi kinerja secara berkala

5.

Opini penilaian laporan keuangan

WTP

WTP

WTP

WTP

WTP

WTP

3.Terselenggaranya penelitian dan penulisan hasil kerja sama internasional serta pemerolehan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI)  

Meningkatkan jumlah penelitian dosen yang melibatkan mahasiswa

-    Dosen melibatkan mahasiswa dalam penelitian

-    Sosialisasi penelitian payung

-    Memfasilitasi dosen dalam penyusunan proposal penelitian

6.

Persentase penelitian melibatkan mahasiswa

66%

80%

100%

100%

100%

100%

Membangun  Jurnal Nasional

-    Pembentukan dewan redaksi  Jurnal FKM

-    Menerbitkan jurnal berskala nasional

7.

Jumlah jurnal bereputasi terakreditasi nasional (SINTA)

0

0

0

0

1

1

Meningkatkan jumlah mahasiswa yang terlibat dalam penelitian dosen

Workshop kemitraan penelitian dosen dan mahasiswa

8.

Jumlah mahasiswa yang terlibat dalam            penelitian dosen

78

78

80

85

90

120

Meningkatkan jumlah publikasi internasional

-Workshop penulisan artikel ilmiah pada jurnal internasional

-Workshop optimalisasi penggunaan Ms Word, Mendeley, Turnitin

-Workshop analisis data penelitian

(Kobotoolbox, DLL)

9.

Jumlah publikasi internasional

45

50

55

60

65

70

Meningkatkan jumlah sitasi karya ilmiah internasional

Sosialisasi kepada mahasiswa cara menyitasi  artikel ilmiah.

10.

Jumlah sitasi karya ilmiah internasional

162

195

243

320

400

486

Meningkatkan Jumlah kekayaan intelektual yang didaftarkan

Workshop penyusunan HAKI dan PATEN

11.

Jumlah kekayaan intelektual yang didaftarkan

3

4

4

4

4

5

Meningkatkan Jumlah kekayaan intelektual yang diberikan (granted)

Workshop penyusunan HAKI dan PATEN dengan peluang grant

12.

 Jumlah kekayaan intelektual yang diberikan (granted)

0

0

0

1

1

2

Meningkatkan jumlah produk inovasi yang dimanfaatkan

Workshop rancangan produk inovasi

13.

 Jumlah produk inovasi yang dimanfaatkan masyarakat/industri

0

0

0

0

1

2

Meningkatkan jumlah riset melibatkan peneliti PT Luar Negeri

Workshop kolaborasi penelitian internasional

14.

 Jumlah judul riset melibatkan peneliti PT Luar Negeri per tahun

0

0

0

1

1

2

Meningkatkan inovasi dan kreativitas

Meningkatkan kerjasama dengan ABG&C

15.

Jumlah implementasi kerja sama melibatkan ABG&C

16

16

20

25

30

35

Meningkatkan jumlah dosen pemakalah konferensi        internasional

Memfasilitasi dosen menjadi pemakalah konferensi        internasional

16.

Persentase dosen pemakalah konferensi        internasional

69%

70%

70%

70%

75%

80%

4.Terlaksananya sistem pembelajaran    berkelas dunia yang berakar pada keunggulan lokal yang semakin baik

Mengembangkan pembelajaran bertaraf internasional

Menginisiasi program studi internasional ((joint degree, double degree, credit transfer)

17.

Jumlah program studi yang memiliki program internasional (joint degree, double degree, credit transfer)

0

0

0

1

1

1

Meningkatkan sistem Monev PBM

-    EDOM

-    Evaluasi PBM

-    Revisi RPS

18.

Persentase mata kuliah yang mengintegrasikan hasil penelitian

10%

12%

15%

20%

25%

30%

Meningkatkan persentase mata kuliah yang mengintegrasikan hasil pengabdian kepada masyarakat

-    EDOM

-    Evaluasi PBM

-    Revisi RPS

19.

Persentase mata kuliah yang mengintegrasikan hasil pengabdian kepada masyarakat

10%

12%

15%

20%

25%

30%

Meningkatkan jumlah matakuliah  dengan pemanfaatan daring

-   Workshop pembelajaran secara daring

-   Workshop optimalisasi penggunaan e-learning

20.

 Persentase mata kuliah yang memanfaatkan virtual classroom

5%

10%

15%

20%

25%

30%

Meningkatkan persentase mata kuliah dengan pemanfaatan e-learning

-   Sosialisasi penggunaan e- learning ke dosen dan mahasiswa

-   Workshop optimalisasi penggunaan e-arning

21.

Persentase mata kuliah dengan dukungan e-learn ing

5%

10%

20%

30%

40%

50%

5.Terciptanya keunggulan kompetitif berbasis TALENTA yang berstandard internasional

Mengedepankan keunggulan akademik TALENTA

Meningkatkan kemitraan strategis di bidang TALENTA

22.

Jumlah perolehan dana kerjasama nasional dalam miliar rupiah

5%

10%

20%

30%

40%

50%

Mengedepankan keunggulan akademik TALENTA

Membuat situs web program studi berorientasi internasional

23.

Persentase situs web program studi berorientasi internasional, terpelihara dan memiliki news letter

0,6

1,1

1,5

1,7

1,8

2,0

Meningkatkan judul publikasi internasional buku/ book chapter

Memfasilitasi kegiatan workshop penulisan buku untuk publikasi internasional

24.

Jumlah judul publikasi internasional buku/ book chapter

0

0

0

1

1

1

Meningkatkan jumlah peserta international summer course

Memberikan insentif dosen dalam kegiatan summer course

25.

Jumlah peserta internasional summer course

0

0

0

1

1

1

Mempromosikan jalur riset program doktor

Sosialisasi jalur riset program doktor

26.

Jumlah mahasiswa asing

0

0

0

1

2

3

Mempromosikan jalur riset program doktor

Sosialisasi jalur riset program doktor

27.

Jumlah program studi memiliki mahasiswa asing

0

0

0

1

1

1

6.Terselenggaranya pengelolaan berbasis sistem Informasi dan teknologi informasi yang semakin baik dan terintegrasi

Meningkatkan  kelengkapan data Kemdikbud dan Kemristek/BRIN (Sister, PD-DIKTI, SINTA, dll)

Workshop sistem informasi bagi tenaga kependidikan

28.

Persentase kelengkapan data Kemdikbud dan Kemristek/BRIN (Sister, PD-DIKTI, SINTA, dll)

65%

70%

75%

80%

85%

90%

Meningkatkan Persentase layanan berbasis online

29.

 Persentase layanan berbasis online

40%

50%

60%

70%

80%

90%

7.Terciptanya kampus hijau yang aman, nyaman, dan sehat sebagai rumah akademik

Meningkatkan Kuantitas dan kualitas sarana prasarana

-       Penambahan ruang dosen

-       Pemeliharaan prasarana.

-       Pengadaan mobiler dan elektronik

-       Pengadaan sarana dan prasarana untuk mahasiswa difabel

30.

 Persentase dosen dengan ruang kerja sendiri

50%

60%

70%

80%

90%

100%

Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana

Mengembangkan laboratorium berstandar internasional

31.

Jumlah laboratorium berstandar internasional

0

0

0

0

0

1

Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana

Meningkatkan peringkat green campus

32.

Peringkat internasional kampus hijau

N/A

13

12

11

10

9

Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana

Evaluasi penilaian sarana prasarana

33.

Indeks kepuasan pelayanan

50%

75%

95%

95%

95%

95%

8.Terinternalisasinya karakter BINTANG pada seluruh civitas academica dan tenaga kependidikan

Menciptakan suasana akademik yang kondusif

Menerapkan tata nilai BINTANG

34.

Persentase civitas akademika dan Tendik yang mengimplementasikan tata nilai BINTANG

N/A

80%

85%

85%

90%

95%

35.

Jumlah program studi S1 mengintegrasikan tata nilai BINTANG

1

1

1

2

2

2

-    Melaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan pengembangan, monitoring, evaluasi, dan revisi kurikulum sesuai dengan kurikulum nasional dan internasional

36.

Persentase kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan Revolusi Industri 4.0

2%

2%

2%

3%

3%

4%

 

37.

 Persentase Matakuliah lintas disiplin (kampus merdeka)

1%

1%

1%

3%

4%

5%

Meningkatkan persentase penelitian yang hasilnya diintegrasikan ke dalam bahan ajar

-       Merevisi RPS dan SAP dengan menambahka sub pokok bahasan penelitian dosen

38.

Persentase penelitian yang hasilnya                 diintegrasikan ke dalam bahan ajar

5%

10%

15%

20%

25%

30%

Meningkatkan persentase PkM yang hasilnya diintegrasikan ke dalam bahan ajar

-       Merevisi RPS dan SAP dengan menambahka sub pokok bahasan pengabdian dosen

39.

Persentase PkM yang hasilnya diintegrasikan ke dalam bahan ajar

5%

10%

15%

20%

25%

30%

9.Terinternalisasinya budaya empati dan   pengabdian kepada masyarakat

-      Meningkatkan jumlah kerjasama dengan intansi pemerintahan

-      Membangun desa binaan

-       Menjalin kerjasama dengan instansi pemerintah

-       Menambah jumlah MoA desa binaan

40.

Jumlah lokasi sasaran PkM (desa/kota/ kabupaten binaan dan kawasan mitra)

0

1

1

1

2

2

Meningkatkan persentase PkM dosen berskala nasional

Menyelenggarakan workshop penyusunan proposal PkM nasional

41.

Persentase dosen terlibat PkM nasional

3%

5%

8%

10%

12%

16 %

Meningkatkan persentase mahasiswa terlibat PkM Nasional

Menyelenggarakan workshop penyusunan proposal PkM nasional

42.

Persentase mahasiswa terlibat PkM nasional

13

5

10

15

18

20

10. Terciptanya civitas akademika dan tenaga kependidikan yang mampu bersaing dalam tataran global

Meningkatkan jumlah dosen dengan kualifikasi Doktor

-    Meningkatkan kemampuan berbahasa asing.

-    Sosialisasi road to Doctor of Public Health.

-    Menyelenggarakan workshop penulisan  proposal disertasi.

43.

Persentase dosen berkualifikasi Doktor

42%

42%

56%

56%

60%

70%

Meningkatkan persentase dosen dengan kualifikasi Profesor

Workshop penulisan artikel ilmiah untuk dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi.

44.

Persentase dosen dengan jabatan guru besar

8%

9%

10%

12%

13%

15%

Meningkatkan persentase dosen dengan jabatan lektor kepala

Workshop penulisan artikel ilmiah untuk dipublikasikan di jurnal internasional bereputasi.

45.

Persentase dosen dengan jabatan lektor kepala

47%

48%

50%

50%

55%

60%

Meningkatkan jumlah dosen dengan sertifikat keahlian bertaraf internasional

Mengikut sertakan dosen dalam kursus dengan sertifikat internasional

46.

 Jumlah dosen  bersertifikat keahlian bertaraf internasional

0

0

0

1

2

2

Meningkatkan jumlah dosen dengan kegiatan mobilitas internasional

Memberikan bantuan dana bagi dosen 

47.

Persentase dosen mengikuti kegiatan mobilitas internasional

10%

0

10%

10%

15%

20%

Meningkatkan jumlah Tendik  bersertifikat keahlian

Mengikutsertakan tendik dalam workshop terkait dengan kompetensi Tendik

48.

Persentase Tendik  bersertifikat keahlian

3%

5%

6%

10%

12%

15%

Meningkatkan jumlah Tendik  fungsional mengikuti        magang

Mengikutsertakan tendik dalam workshop terkait dengan kompetensi tendik

49.

 Persentase Tendik fungsional mengikuti        magang/pelatihan (kumulatif)

10%

12%

15%

17%

19%

25%

Meningkatkan jumlah Tendik  fungsional mengikuti        magang

Mengikutsertakan tendik dalam workshop terkait dengan kompetensi Tendik

50.

 Jumlah Tendik mengikuti kegiatan magang/ pelatihan (kumulatif)

3

orang

5 orang

7 orang

9 orang

10 orang

15 orang

Meningkatkan jumlah dosen

Pengajuan penambahan dosen

Merekrut mahasiswa baru sesuai dengan jumlah dosen

51.

Rasio dosen terhadap mahasiswa S1

1:26

1:26

1:25

1:25

1:24

1:24

 

Rasio dosen terhadap mahasiswa S2

1:14

1:14

1:14

1:14

1:14

1:14

 

Rasio dosen terhadap mahasiswa S3

1:5

1:5

1:5

1:5

1:5

1:5

Meningkatkan jumlah tendik

Pengajuan penambahan tendik

52.

Rasio dosen terhadap Tendik

2,5:1

2:1

2:1

2:1

2:1

1,5:1

Menambah dosen asing

Pengajuan dosen asing melalui MoA

53.

 Jumlah dosen asing

1

1

1

2

3

4

Meningkatkan jumlah Tendik Fungsional

Menfasilitasi pelatihan tendik

54.

Persentase Tendik Fungsional/total Tendik

3%

5%

6%

10%

12%

15%

Meningkatkan kegiatan workshop terkait kompetensi lulusan

-    Memfasilitasi workshop terkait kompetensi lulusan

-    (penyusunan dokumen lingkungan, pembiayaan kesehatan, manajemen data, aplikasi GIS)

-    Membuat dokumen SKPI

55.

Persentase lulusan  langsung bekerja dalam 6 bulan

69,13%

70%

75%

76%

78%

80%

Meningkatkan jumlah proposal yang lulus seleksi PKM

Workshop penulisan proposal PKM

56.

 Jumlah judul kegiatan mahasiswa  dibiayai Kementerian

0

1

2

2

2

3

Meningkatkan jumlah peserta yang ikut kompetisi

Memfasilitasi mahasiswa dalam mengikuti kompetisi di tingkat kementerian

57.

Jumlah kelompok kepesertaan kompetisi diselenggarakan Kementerian

4

0

5

6

8

10

Meningkatkan jumlah mahasiswa berwirausaha

Workshop kewirausahaan

58.

Jumlah mahasiswa S1 berwirausaha

N/A

0

5

10

15

20

Meningkatkan jumlah mahasiswa berwirausaha

Workshop kewirausahaan

59.

Jumlah mahasiswa yang berhasil menjadi wirausaha

N/A

0

5

10

15

20

Meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi di tingkat nasional

Memfasilitasi mahasiswa dalam kompetisi tingkat nasional

60.

 Jumlah prestasi mahasiswa tingkat nasional

13

5

10

15

18

20

Meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi di tingkat internasional

Memfasilitasi mahasiswa dalam kompetisi tingkat internasional

61.

Jumlah prestasi mahasiswa tingkat   internasional

4

0

4

5

7

10

Membuka peluang mahasiswa mengikuti program merdeka belajar

-     Sosialisasi program merdeka belajar

-     Memfasilitasi kegiatan merdeka belajar

62.

Jumlah mahasiswa yang mengikuti merdeka belajar

0

0

5

10

15

20

Membuka peluang mahasiswa mengikuti international student exchange outbound

-       Sosialisasi program international student exchange outbound

-       Merekrut mahasiswa mengikuti international student exchange outbound

63.

Jumlah peserta international student exchange outbound

0

0

0

2

2

2

Membuka peluang mahasiswa mengikuti

international student exchange inbound

-       Sosialisasi program international student exchange inbound

-       Merekrut mahasiswa mengikuti international student exchange inbound

64.

 Jumlah peserta international student exchange inbound

0

0

0

2

2

2