Jl. Universitas No.32, Kampus USU, Medan s1kesmas@usu.ac.id support@example.com

Sharing Session MBKM dengan Mahasiswa FKM USU

Medan – FKM USU: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara menyelenggarakan Sharing Session Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Jumat (04/02). Acara berlangsung secara daring dengan menghadirkan tiga mahasiswa MBKM Batch 1 untuk berbagi pengalamannya.

Ketua Program Studi S1 FKM USU Dr. Ir. Evi Naria M.Kes., yang membuka acara menyampaikan bahwa sharing session yang dilaksanakan FKM USU tersebut merupakan wadah bagi mahasiswa yang telah mengikuti Program MBKM untuk memotivasi sekaligus membagikan tips dan trik kepada mahasiswa yang hendak mengikuti Program MBKM agar lolos seleksi untuk program yang diminati.

Dodi Saputra Hutagalung (Mahasiswa Kesehatan Lingkungan FKM USU 2018) berbagi pengalamannya mengikuti Program Kampus Mengajar. Menurutnya, Program Kampus Mengajar merupakan program MBKM yang pertama kali diadakan dengan tujuan untuk membantu sistem pengajaran anak sekolah di masa pandemi. Selain mengajar, program ini juga bertujuan untuk menyalurkan pengalaman dan informasi dalam mendidik para siswa untuk melakukan hygiene sanitasi dan kesehatan pribadi. Mahasiswa Peminatan Kesehatan Lingkungan ini juga mengikuti Program Pejuang Muda dengan penempatan di Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Threesna Sharfina, Mahasiswa Administrasi dan Kebijakan Kesehatan FKM USU 2019 yang berkesempatan mengikuti Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) ke University of Glasgow, Skotlandia, Inggris Raya menyatakan dirinya mendapatkan banyak pengalaman dan peningkatan wawasan dengan mengikuti program IISMA. “Jangan takut untuk mencoba dan jangan berpikir apakah diterima atau tidak. Mahasiswa harus memiliki good plan matters”, katanya.

Jasmine Pratiwi (Mahasiswa Kesehatan Lingkungan FKM USU 2018) merupakan peserta Program Magang Bersertifikat di PT. Danone Indonesia. Menurut Jasmine, untuk mengikuti program magang bersertifikat, mahasiswa bisa mencarinya melalui website MBKM. “Cari tahu perusahaan yang memiliki program magang khusus,” katanya.

1

Sambutan Ketua Program Studi S1 FKM USU, Dr. Ir. Evi Naria M.Kes.

2

Dodi Saputra Hutagalung (Alumni MBKM Program Kampus Mengajar dan Pejuang Muda)

3

Threesna Sharfina (Alumni MBKM Program Indonesian International Student Mobility Awards)

4

Jasmine Pratiwi (Alumni MBKM Program Magang Bersertifikat)

5

Moderator, Risanti Febrine Ropita Situmorang S.K.M.,M.Sc.

6

Peserta Sharing Session